CCDVTP

Yes, setelah lama nggak ngepost, gue kembali dengan judul postingan yang nggak biasa. Yaaa kali ini gue mau coba share sedikit apa yang gue dapet di perkuliahan gue kemaren-kemaren. Kelas yang gue ambil, desain dan bisnis, lagi ngebahas sedikit tentang marketing. Setelah ngasi konteks tentang apa itu marketing, kita masuk ke pembahasan tentang marketing mantra. Nah ini nih yang pengen gue share dalam kesempatan kali ini.


Marketing Mantra, menurut pemahaman gue, itu ya kurang lebih teori dasar aja sih tentang marketing. Tapi ya disini perlu gue pisahkan dulu mengenai teori dan juga formula atau rumus. Kalau dulu sekolah kita ngerjain soal mat pakai rumus supaya bisa dapet jawaban, nah pemahaman mengenai kenapa ada rumus tersebut-lah yang bisa disebut sebagai teori. teori itu sederhananya, ide. Atau gagasan, atau pandangan. Nah beda yak. Jadi kembali lagi, pandangan dasar dari marketing berdasarkan Philip Kotler, adalah CCDVTP.

Creating, Communicating and Delivering the Value to the Target Market for Profit.

Sebuah perusahaan marketing yang baik adalah yang menjalankan aspek aspek tersebut, yaitu mampu menciptakan, mengkomunkasikan, menyampaikan nilai kepada target market yang tepat untuk sebuah keuntungan.

Philip Kotler lanjut menjelaskan bahwa ada tiga kegiatan yang cukup menjalankan aspek, aspek dari marketing mantra tersebut, yaitu Product Management (Creating), Brand Management (Communicating), dan juga Customer Management (Delivering). Gue ga akan bahas lebih detail lagi isi ketiganya karena apa yang gue dapet belum banyak dan info yang gue cari-cari sendiri masih simpang siur.


Ketika pemahaman baru ini gue coba terapkan di kelas gue yang lain, gue melihat bahwa aspek-aspek yang ada di marketing mantra ini sebenernya cukup relevan dan bisa ngejembatanin beberapa pemikiran lain, contohnya dalam konteks desain komunikasi visual. Desain juga perlu kok menciptakan, mengkomunikasikan dan menyampaikan pesan-pesan yang terkandung didalamnya. Cuma gue rasa nggak semuanya buat profit, atau keuntungan.

Jadi ‘P’ terakhir, atau ‘Profit’, gue coba ganti ke ‘Purpose’ buat gue keep sendiri.

Desainer perlu menciptakan desain, dimana desain tersebut mengkomunikasikan dan menyampaikan pesan atau konten yang berada didalamnya, untuk target market atau audience yang ingin dituju. Untuk apa? Untuk tujuan tertentu, bisa untuk menghasilkan transaksi, atau menghasilkan keuntungan , ataupun mengajak melakukan sesuatu. Apapun tujuannya, ya harus dilakukan.

Mungkin itu design mantra gue. Sama juga, CCDVTP.

Designers should: Create design, that Communicates and Deliver Values to a Target for a Purpose.

Mantab.

Published by

b e a

Seseorang yang belajar desain.

Leave a Reply

